(Penting) Yuk Ketahui Kondisi Feses Kamu!

Hello guys, jumpa lagi nih di komunikaji.com, semoga kalian semua masih senang untuk terus bermimpi dan berimajinasi yah? Hehehehe…

Kali ini, gue mau coba share informasi yang mungkin beberapa orang menganggap jorok. Eiittsss, bukan jorok yang gimana-gimana ya! Tapi jorok yang mesti lo ketahui. Yup, gue mau membedah kandungan feses atau tinja yang keluar dari tubuh. Kenapa harus feses? Karena ini menyangkut kesehatan guys! Nggak percaya? Langsung aja baca beberapa warna feses yang keluar dari tubuh dengan penjelasannya di bawah ini, gue jamin lo akan lebih waspada menjaga kesehatan! Hehehehe… so, let’s check this out:

poop

  1. Coklat

Feses kamu bisa dibilang dalam kondisi yang bagus dan normal.

  1. Putih atau Pucat

Jika feses kamu berwarna putih atau pucat itu berarti kantong empedumu bermasalah atau ada infeksi pada hati, bukan infeksi karena sakit hati ya! Hehehhe…

  1. Hijau

Jika feses yang keluar berwarna hijau maka kemungkinan besar itu diakibatkan oleh sayuran hijau gelap seperti bayam yang dikonsumsi. Selain itu pewarna makanan biru atau hijau yang terkandung dalam minuman atau es bisa menyebabkan feses juga berwarna hijau.
Kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh makanan yang terlalu cepat melewati usus besar sehingga nggak melalui proses pencernaan dengan sempurna.

  1. Merah

Nah, kalau warna feses yang keluar merah, biasanya mengindikasikan perdarahan di rektum.
Tapi jika warna merahnya menyeluruh dan bukan berbentuk seperti garis-garis kemungkinan besar diakibatkan makanan. Feses merah biasanya juga umumnya disebabkan oleh buah bit, makanan dengan pewarna merah termasuk minuman bubuk dan juga makanan yang mengandung gelatin.

  1. Hitam

Sedangkan feses berwarna hitam, selain menunjukkan adanya darah bisa juga terjadi akibat pengaruh makanan atau obat.Mengonsumsi licorice (sejenis tumbuhan yang dikenal dengan akar manis), mengonsumsi suplemen penambah zat besi atau obat yang mengandung bismuth bisa membuat feses berwarna hitam.

Itu dia 5 warna yang terjadi pada feses guys. Nah, jika perubahan warna feses ini terjadi dalam jangka waktu lama dan tetap muncul meskipun sudah tidak mengonsumsi suatu makanan, Gue saranin, sebaiknya segera periksakan ke dokter untuk melihat apakah ada gangguan di usus atau infeksi yang membuat warna feses berubah.

Oke guys, sekian dulu info tentang feses yang bisa gue share. Di akhir, gue lagi-lagi mau coba ajak lo untuk berimajinasi, bayangkan kalau feses yang keluar berwarna pelangi alias mejikuhibiniu? Kira-kira itu kenapa ya? Yang jelas semoga itu hanyalah imajinasi dan nggak akan terjadi padamu.So, please leave your comment and don’t forget to follow guys! Thanks for your visit….

Penulis: Cheppy

 Image: http://www.naturessunshine.com/

Advertisements