WOW, Pria Ini Bisa Jadi Cooper di Interstelar

Rizman A. Nugraha, salah satu calon astronot dari Indonesia yang akan diterbangkan ke luar angkasa. Foto: kontenpilihan.suararadio.com

Rizman A. Nugraha, salah satu calon astronot dari Indonesia yang akan diterbangkan ke luar angkasa.
Foto: kontenpilihan.suararadio.com

“Pagi anak-anak, ibu mau tahu dong, kalau sudah besar mau jadi apa?”, tanya ibu guru Taman Kanak-Kanak (TK).

“Dokter, Polisi, Guru, ABRI dan Astronot,” jawab anak-anak serentak.

Oke, jangan berpikir gue akan cerita tentang masa kecil gue, karena pastinyanggak akan menarik untuk ngebuat kalian mau baca tulisan gue sampai selesai. Kali ini, gue akan bahas tentang “Astronot”, ya Astronot, ada yang salah sama Astronot? Kenapa kalian pada bingung gitu pas gue tulis Astronot? Oke nggak usah pusing di awal, karena cerita utamanya ada di paragraph ke-2. So, check this out…..

Siapa yang waktu kecil, ketika ibu guru bertanya tentang cita-cita, kalia menjawab ingin jadi Astronot? Ngaku aja udah, pasti ada kan? Hehehehe.. By the way, kemana ya cita-cita itu sekarang? Kalau Dokter, Guru, ABRI, Polisi, jelas dong seperti apa profesi dan kerjaannya? Nah kalau Astronot? Dimana sekolahnya, dimana kantornya dan gimana ya kerjaannya? Apa iya seperti Cooper dalam film Interstellar? Nah lho, mulai mikir juga kan?

Oke, gue sedikit cerita tentang Interstellar ya, beberapa dari kalian pasti sudah nonton film yang satu ini kan? Film yang sukses membuat waktu 3 jam jadi super tegang karena petualangan Cooper menjelajah ruang angkasa demi menemukan planet yang bisa menggantikan Bumi untuk dihuni. Hal yang paling epic dari film ini itu soal “dimensi waktu”, dimana 1 jam di Bumi sama dengan 7 tahun di luar angkasa, sehingga semakin lama Cooper di luar angkasa yang berbeda galaksi, semakin jauh pula perbedaan usia antara ia dengan Murphy, anak perempuannya.

Terbukti, ketika Cooper berhasil pulang dan singgah di Cooper Station, Murphy pun menjelang ajal. Sedih memang, seorang ayah harus melihat anaknya lebih tua secara fisik dan meninggal di depannya. Tapi, apa iya Astronot dalam dunia nyata akan mengalami nasib yang serupa jika ditugaskan dalam misi yang sama seperti Cooper? Silahkan pikir sendiri! Karena biarpun hanya film, hitung-hitungan serta teori yang digunakan di Interstellar itu nyata lho, itu semua memang dijelaskan dalam ilmu Fisika dan Geografi (kalau nggak salah) saat SMA, hehehehe….

Balik lagi ke topik utama soal Astronot, apa iya cita-cita menjadi Astronot hilang dari impian hanya karena takut mengambil risiko seperti dalam Interstellar? Hemmm, sepertinya nggak Fellas! Karena, Sebenarnya Indonesia sempat melahirkan Astronot pertama bernama Prof. Dr. Pratiwi Sudarmono, merupakan astronot pertama Indonesia yang berencana menjalankan misinya ke luar angkasa pada bulan Oktober tahun 1985. Beliau yang saat itu berusia 33 tahun punya keahlian sebagai spesialis muatan dalam misi Wahana Antariksa NASA STS-61-H.

Namun, sayangnya misi tersebut gagal dilaksanakan karena adanya bencana Challenger yang mengakibatkan pesawat yang akan dinaiki oleh Prof. Dr. Pratiwi Sudarmono meledak pada misi sebelumnya. Rizman A Nugraha, pria asal Indonesia ini berhasil lolos seleksi untuk menjadi calon Astronot dunialho. W.O.W mana nih tepuk tangannya? :p.

Di bawah bimbingan tim di markas besar A.A.S.A dan Astronot legenda Buzz Aldrin, 23 orang termasuk Rizman A. Nugraha, akhirnya terpilih untuk melakukan perjalanan sekali seumur hidup ke luar angkasa dan mencatat sejarah. Selama rangkaian misi pelatihan, Rizman sudah berhasil mengemudikan pesawat Air Combat USA®, menjalani latihan seperti layaknya seorang Astronot dalam Astronaut Assault Course dan membuktikan dirinya bisa mengatasi kekuatan ledakan dalam jenis latihan G-Force Mission di Kennedy Space Center.

Selain itu, Rizman juga memiliki nilai tertinggi dalam setiap tantangan di AASA Global Space Camp walaupun kedua kandidat lainnya dari Indonesia, yaitu Muhammad Sidharta Krisna dan Abraham Gamaliel Figrana, juga nggakkalah membanggakan. Wah wah wah, Keren nggak tuh? Give applause sekali lagi! Prok prok prok… Semoga Rizman dan 2 perwakilan dari Indonesia lainnya bisa menjadi Astronot yang membanggakan bagi Indonesia seperti atau lebih dari Cooper. Oh iya, buat calon istri mereka nanti, haru siap-siap juga mengalami nasib seperti Murphy ya! :p

Sumber: Berbagai sumber

Advertisements